Rabu, Juli 11

Rahasia Otak Kaum Hawa

Selama bertahun-tahun kalangan medis menyimpulkan problem kegairahan kaum perempuan ditentukan oleh aliran darah ke area klitoris, sama halnya seperti kaum lelaki dengan teori hidrolika dasar dalam gairah laki-laki, yang ditentukan banyaknya darah yang mengalir ke penis.

Asumsi ini tidak terbukti benar. Kenyataannya, perusahaan sekelas Pfizer menghentikan produksi Viagra merah muda untuk perempuan pada tahun 2004, karena ternyata upaya ini ternyata tidak pernah berhasil. Lantas, stimulus apa yang bisa mempengaruhi gairah seksual kaum Hawa?

Jawabannya otak! Louann Brizendine dalam buku Female Brain mengatakan otak perempuan bukanlah versi kecil dari otak laki-laki. Klitoris pun bukan penis kecil, sehingga perlakuannya mesti disamakan.

Buku ini bukanlah panduan seks bagi kaum perempuan. Seks hanyalah bagian dari penjelasan yang diberikan Brizendine, yang sangat detil memberikan gambaran mengenai perempuan. Penjelasan Brizendine dalam buku ini akan membuat kita manggut-manggut, bahwa sebenarnya perempuan adalah ciptaan Tuhan yang unik, yang dalam banyak hal berbeda dengan laki-laki.

Brizendine membantah banyak teori, seperti yang dikemukakan pakar psikoanalisa Sigmun Freud ataupun Carl Gustav Jung, bahwa faktor penyebab perbedaan gender ada di dalam naluri (insting) yang berada di alam ketidaksadaran manusia. Freud menamakannya faktor ‘edipoesa’ untuk sifat-sifat maskulin, dan ‘electra’ untuk sifat feminim.

Lontaran para psikoanalis itu hingga kini memang masih mengundang kontroversi. Brizendine pun mengakui, saat menulis buku ini dirinya terjebak pada dua pikiran, antara kebenaran ilmiah, atau kepatutan politis yang sudah berkembang di masyarakat. Pilihan untuk mengedepankan kebenaran ilmiah dengan menulis buku ini sangat tepat. Uraian di buku ini membuat pikiran kita akan terbuka, karena Brizendine bercerita lebih lanjut dan sangat terperinci mengenai pengaruh otak perempuan terhadap kecerdasannya, emosi, karir, pengasuhan anak, hingga kehidupan seksualnya.

Berbeda dengan buku-buku kebanyakan yang ditulis dengan kata-kata yang sangat teknis, pakar neuropsikiatri (saraf-jiwa) ini memberikan penjelasan dengan bahasa yang sangat mudah dipahami, oleh awam sekalipun. Uraian dalam buku ini ditulis berdasarkan pengalaman klinis selama 20 tahun.

Di bab awal “Lahirnya Otak Perempuan" misalnya, contoh-contoh yang diberikan akan mengingatkan kita akan masa kecil, atau tentang si kecil buah hati kita. Kita semua mafhum anak laki-laki berperangai berbeda dengan perempuan. Namun yang belum diberitahukan budaya kepada masyarakat adalah bahwa otaklah mendikte perilaku yang berbeda ini (halaman 28).

Dengan buku ini Brizendine ingin membantu kaum hawa menghadapi berbagai perubahan dalam hidup. Jika perempuan dapat memahami bagaimana hidup dipengaruhi oleh fenomena kimiawi otak, maka perempuan akan dapat melihat jalan yang membentang di hadapannya dengan lebih baik.

Buku ini patut dibaca oleh perempuan untuk memahami dirinya sendiri, untuk ibu dan ayah dalam memahami putrinya, untuk suami agar bisa mengerti istrinya, untuk mas dhimas dalam mengenali teman kuliah, kekasih, ataupun rekan kerja perempuannya.

Judul Buku:

The Female Brain

Judul Asli:
The Female Brain

Penulis:
Louann Brizendine

Penerjemah:
Meda Satrio

Penerbit:
Ufuk Press, Jakarta

Cetakan:
Pertama, Maret 2007

Tebal:
351 halaman

4 komentar:

Day mengatakan...

mhwe..he..he..he.. referensi bukune mas dhimas keren arep dadi dokter kelamin yow.. wakakaka..aliran darah itu bener lho, buktikan aja pas pagi2 pasti cepet berdiri, itu disebabkan aliran darah kita masih lancar [ga saru lho hanya sharing pengetahuan aja]

zeyn mengatakan...

Mas DImas Ini mau jadi Penerus tahtanya DR.Boyke Kaleee....... :D

Anonim mengatakan...

ini lebih manjur dari pada obat perangsang lho, cobain aja. heeee..

Logos Quiz Level 1 Answers and Solutions mengatakan...

logo quiz answer level 1, logo quiz answers, logo quiz lösung, logo quiz lösung android, logo quiz respostas, logo quiz respuestas, logo quiz solution, logo quiz solution level 1, logos quiz game, logos quiz lösung, logos quiz respuestas, logos quiz solution